Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah |
Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah
Teori Manajemen Mutu Terpadu atau yang lebih dikenal dengan Total Quality Management (TQM) akhir-akhir ini banyak diadopsi dan digunakan oleh dunia pendidikan. Total Quality Management (TQM) sendiri didefinisikan oleh Umaedi (2004: 78) sebagai sebuah pendekatan dalam menggunakan strategi untuk penyempurnaan secara terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan organisasi. Ada sepuluh karakteristik Total Quality Management (TQM) yang dianggap penting untuk meningkatkan dunia pendidikan, yaitu:
- Focus pada pelanggan (internal & eksternal)
- Berorientasi pada kualitas
- Menggunakan pendekatan ilmiah
- Memiliki komitmen jangka panjang
- Kerja sama tim
- Menyempurnakan kualitas secara berkesinambungan
- Mengadakan pendidikan dan pelatihan
- Menerapkan kebebasan yang terkendali
- Memiliki kesatuan tujuan
- Melibatkan dan memberdayakan karyawan
DAFTAR PUSTAKA
Umaedi. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah/Madrasah. (Jakarta: Pusat Kajian Manajemen Mutu Pendidikan. 2004).
comment 0 comments
more_vert